Minggu, 31 Maret 2024

PESANTEREN KILAT RAMADLAN 1445 H

 










"Membentuk peserta didik yang memiliki kepribadian yang Islami dan berakhlak mulia, menambah wawasan tentang agama, memperkuat keimanan dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT"
Semoga dengan ini peserta didik dapat mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi teladan bagi masyarakat sekitar.
Pesantren Kilat hari senin dgn pemateri TGH.Muh.Hakki,QH,BA pokok bahasan Zakat.
Ibadah zakat merupakan rukun islam yang keempat setelah puasa Ramadhan. Zakat ini hukumnya bersifat wajib bagi mampu, yang artinya jika menunaikan zakat akan mendapatkan pahala, dan yang tidak melaksanakannya akan mendapat dosa.
Zakat sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu zakat fitrah dan zakat mal atau harta. Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib ditunaikan setiap muslim pada saat bulan Ramadan sebagai pembersih atas perbuatan dosa dan menyempurnakan puasa. Di Indonesia zakat fitrah dibayarkan dengan beras sebanyak 2,5 kg atau uang senilai tersebut.
Sementara zakat mal merupakan zakat harta benda yang wajib dikeluarkan seorang muslim yang telah berpenghasilan. Zakat mal dibayarkan jika harta itu sudah dimiliki penuh dan memenuhi nisab dan haulnya. Maka dari itu zakat mal dibayarkan sebanyak 2,5% dari jumlah harta keseluruhan setahun sekali.
keutamaan berzakat:
1. Menyempurnakan Agama
2. Mensucikan dan Menambah Harta
3. Ampunan Dosa
4. Mendekatkan kepada Allah SWT
5. Mendatangkan Keberkahan








Pesantren Kilat, Day 2 (15 Ramadhan 1445 H)
Materi : Sholat
Pemateri : Ustadz Miftahuddin, QH
Dalam rukun Islam, sholat berada dalam urutan kedua setelah dua kalimat syahadat. Posisi ini menunjukkan betapa pentingnya sholat dalam Islam.
Sholat merupakan amalan yang akan dihitung pertama kali kelak pada hari penghakiman. Karenanya seorang muslim mesti mendirikannya sesuai syariat, yakni lima kali dalam sehari.
Turunnya perintah sholat lima waktu diabadikan dengan kejadian Isra Mi'raj yang dijalani oleh Nabi Muhammad SAW. Isra Mi'raj adalah mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW pada tahun kesepuluh kenabiannya, tepatnya sebelum Beliau hijrah ke Kota Madinah.
"Sholat wajib" sudah ditentukan waktunya. Ada lima waktu sholat yang diwajibkan untuk dikerjakan Muslim yang sudah baligh dan berakal yakni, dzuhur, ashar, magrib, isya dan subuh. Ibadah ini juga yang nantinya akan dihisab pertama kali di hari akhir kelak. Oleh karena itu, sudah seharusnya umat muslim mengerjakannya dan menyempurnakan ibadah sholat wajib 5 waktu.
وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ
"Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam(menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.” (QS. Al Bayyinah ayat 5)





PESANTREN KILAT, Day 3
Sabtu, 30 Maret 2024 / 19 Ramadhan 1445 H
Tahsin "Makharijul Huruf"
Pemateri : Ustadz M. Hasbi Assidiqiyu, S. Pd.
Mengisi bulan suci Ramadhan dengan hal-hal kebaikan. Syukron ustadz atas ilmunya. Semoga Nanda dapat trus belajar supaya lebih baik kedepannya dalam mempelajari Al-Qur'an.
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya"
(HR.Bukhari)




Pesantren kilat Day 4
Senin, 1 April 2024
Tema : Puasa
Pemateri : Ustadz Isyqulloh, QH, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar